Keterikatan Antara Ilmu Pengetahuan Dan SeniTidak dapat dipungkiri jika peradaban manusia sekarang ini semakin maju dengan adanya ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin kompleks. Perkembangan yang ada di Dunia saat ini tidak dapat lepas dari dari peran penting ilmu pengetahuan dan seni. Ilmu pengetahuan berperan dalam perkembanyak kehidupan manusia dan seni akan mengisi unsur estetik atau keindahan dalam perkembangan Dunia. Misalnya dalam kegiatan membangun rumah, ilmu pengetahuan akan dipakai untuk menerapkan cara membangun rumah yang kokoh dan aman ditinggali dengan metode yang efektif dan seni yang membantu untuk merapkan desain rumah yang lebih indah atau enak dilihat oleh mata. Dalam kegiatan yang sederhana ini, sudah terlibat bagaimana ilmu pengetahuan dan seni adalah dua bagian dalam perkembangan kehidupan manusia yang tiak dapat dipisahkan.

Sama seperti dua sisi mata uang, seni dan ilmu pengetahuanm akan selalu terikat. Ilmu pengethuian harus belajar dari seni supaya ilmu temuannya dapat diterapkan dengan efektif di Dunia. Seni juga harus belajar dari ilmu pengetahuan agar proses kreatif seni dapat menjangkau dimensi kehidupan yang lebih mendasar. Seni sebagai bentuk eskpresi jiwadan keindahan perli ilmu pengetahuan agar bisa diterapkan dalam jangkauan yang lebih luas. Sedangkan ilmu pengetahuan yang sifdatnya lebih umum perlu seni untuk bisa diterapkan dengan baik sesuai kebutuhan manusia.

Seni tidak akan bisa mengubah Dunia sendirian karena seni merupakan meditasi yang terikat dengan ruang dan waktu. Seni lebih hasil ekspresi individu yang tidak mungkin bisa berperan tunggal dalam perkembangan Dunia. Proses penerapan ilmu pengrtahuan dan teknologi juga membutuhkan senmi untuk meningkatkan martabat manusia. Ilmu pengetahuan harus melibatkan unsur estetik sebagai pengarah pengalaman dan ketertarikan manusia karena selama ini ilmu pengetahuan lebih ingin mencapai generalisasi.

 

Keterikatan Antara Ilmu Pengetahuan Dan Seni

Ilmu pengetahuan dan seni punya konsel dan ciri khasnya sendiri. Ilmu pengetahuan cenderung lebih inhin mencapai generalisasi dan seni lebih mengutamakan kekhususan dan keunikan. Ilmu pengetahuan juga ditempuk dengan melakukan proses abstraksiu untuk menemukan keteraturan esensi dari berbagai kasis. Seni dan ilmu pengetahuan sangat dibutuhkan untuk melakukan perubahan paradigm dari monodisiplin yang ke multidisiplin ilmu dalam artian lebih lintas bisang seni.

Dunia akademis atau ilmu pengetahuan tidak akan kesulitan untuk mengikuti arah dinamika dari seni itu sendiri jika antara ilmu pengetahuan dan seni bisa saling belajar satu sama lain. Kajian seni juga banyak diadakan dalam berbagai tingkat pendidikan hanya saja suilit untuk diikuti oleh disiplin ilmu yang lebih bersifat monodisiplin dan general. Untuk membuat ilmu pengtahuan jadi lebih manusia dan indah, dibutuhkan unsur seni yang mencakup keunikan dan kekhususan dalam perkembangan manusia.

Cafeartscience – Antara ilmu pengetahuan dan semi harus sama-sama belajar tentang bagaimana mnenjadi bagian yang berperan dalam beradaban manusia sekarang ini. Saling kawin dan belajarnya ilmu pengetahuan dan seni akan menghasilkan perkembangan yang manusia inginkan. Meskipun masih dalam proses saling belajar tapi adanya upaya untuk menselaraskan seni dan ilmu pengetahuan akan berdampak dengan baik bukan hanya dari aspek besar kehidupoan manusia tapi juga dari aspek yang santat kecil saja seperti kajian akademis yang selama ini cukup kesulitan untuk mengikuti dinamika seni yang penuh dengan kebebasan dan keindahan dibandingkan dengan ilmu pengetahuan yang disiplin karena melalui proses abstraksi dan esensi dalam berbagai kasus yang terjadi di kehidupan manusia sekarang.