Konsep Integrasi Teknologi, Ilmu Pengetahuan dan Seni – Seni secara umum dikenal sebagai karya, cipta rasa manusia yang menghasilkan benda seni yan bisa berupa seni lukis, musik, seni teater dan lainnya. Konsep hubungan atau integrase antara teknologi dan ilmu pengetahuan dengan seni sudah terorganisir dan terinterpretasi sehingga mampu mewujudkan pengetahuan yang objektif, general dan verifikatif yang membuat manusia bisa terlihat “ Manusiawi”.

Sains atau ilmu pengetahuan dalam konsep ibntegrasi antara lain sains, teknologi dan semi terlihat dalam wujud pengetahuan secara rasional, empiris dan teeukur. Seni sangat berpengaruh pada ilmu pengetahuan khususnya dibidang sosial budaya (sosial-humaniora) yang berkaitan erat dengan cara masyarakat berhubungan dengan sesama, budaya dan lingkungannya. Dalam pemikiran sekuler, ilmu pengetahui dikenal punya tiga karakteristik utama yaitu objektif, netral dan bebas nilai. Seni yang menciptakan ilmu pengetahuan dan teknologi yang membantu ilmu pengetahuan berkembang lebih maju dengan cepat.

Teknologi punya dampak positif dalam perkembangan dan kesejahteraan manusia tapi juga memberikan sisi negative berupa ketimpangan-ketimpangan dalam kehidupan manusia. Seni akan mengimbangi dampak positif dan negative dari teknologi karena seni sendiri merupakan adalah hasil ungkapan dan akal budi manusia deengan beragam proses untuk mengekspresikan jiwa seseorang. Seni dapat dikatakan sebagai akan budi manusia dalam setiap prosesnya yang menjadi ekspresi jiwa seorang individu yang sangat identik dengan keindahan. Sedangkan keindahan yang hakiki adalah kebenaran. Dua hal dalam seni ini akan mengarah pada keabadian. Seni yang lepas dari nila ketuhanan tidak akan bersifat abadi karena ada “hawa nafsu” didalamnya bukan akal budi yang mrmbentuk keindahan abadi dalam seni.

Konsep Integrasi Teknologi, Ilmu Pengetahuan dan Seni

Seni tanpa etika dan nilai ketuhanan tdak akan menjadi ekspresi diri dengan keindahan yang abadi atau kekal. Karya seni itu sendiri salah satunya adalah ilmu pengetahuan yang menjadi dasar kehidupan manusia sekarang ini. Penciptaan dan perkembangan ilmu pengetahuan tidak akan lepas dari seni terutama ilmu sosial dan humaniora. Keberadaan teknologi juga membantu untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dengan pesat atau maju. Melalui alat-alat teknologi yang canggih, para ilmuan dapat mengembangkan ilmu pengetahuan pada level yang paling maju dan teknologi yang mermbantu untuk mempermudah proses berbagi ilmu dengan konsep komunikasi yang tidak kenal batas. Melalui teknologi ilmu dari satu Negara bisa dibagikan ke Negara lain tanpa harus datang ke Negara terkait.

Cafeartscience – Konsep paling sederhana dari hubungan atau integrase seni, ilmu pengetahuan dan teknologi selayaknya bagian tubuh yang saling terhubung tapi memiliki fungsinya sendiri. Ilmu pengetahuian adalah bagian otak atau pusat di tubuh manusia yang membantu untuk mengkonsep bagaimana kehidupan manusia yang baik. Seni adalah bagian dari perasaan dan ekspresi dari individu yang akan menjadi sisi “manusiawi” dari ilmu pengetahuan itu sendiri. Teknologi adalah mulut, tangan dan kaki. Melalui teknologi, kita semakin mudah untuk mengembangkan ilmu pengetahuan yang lebih maju dan mendukung peradaban manusia yang lebih baik. Teknologi juga berperan dalam proses penyebaran ilmu pengetahuan yang lebih efektif dan efisien. Dalam peradaban manusia, ilmu pengetahuan, teknologi dan seni akan selalu berkaitan untuk membawa manusia dalam level peradaban dan kualitas kehidupan lebih maju. Konsep inipun berlaku untuk skala yang lebih kecil di kehiduipan manusia. Jelas disini tidak ada ilmu pengetahuan tanpa seni dan tidak ada kemajuan pada ilmu pengetahuan dan seni tanpa keberadaan teknologi yang lebih maju seperti saat ini.