Mengenal Pengertian Ilmu Pengetahuan dan Seni Kehidupan manusia bahkan perkembangan Dunia tidak pernah lepas dari keberadaan dan peran ilmu pengetahuan, seni dan teknologi. Ilmu pengetahuan dan teknologi juga memiliki integrasi yang kuat dalam memberikan ilmu yang bermartabat dan manusia pada manusia. Karena pentingnya ilmu pengetahuan dan seni dalam kehidupan kita secara khusius maka mengenal lebih jau apa itu ilmu pengetahuan dan seni dan kenapa keduanya saling terikat adalah langkah yang sangat diperlukan. Dalam kesempatan ini, mari mengenal apa itu ilmu pengetahuan dan seni serta bagaimana keduanya saling terhubung satu sama lain dalam perbedaan yang mencolok bahkan sulit untuk ilmu pengetahuan mengikuti dinamika seni selama ini.

Dari banyaknya definisi ilmu, mari mengenal Ilmu dalam dua pengertian utama menurut KBBI yaitu sebagai berikut ini:

1. Ilmu adalah satu pengetahuan mengenai satu sektor yang tersusun secara struktural menurut sistem tertentu yang dapat dipakai untuk mengaplikasikan beberapa gejala tertentu dalam sektor pengetahuan seperti pengetahuan hukum, pengetahuan sosial, pengetahuan pengajaran dan yang lain.

2. Ilmu diartikan sebagai pengetahuan atau kepandaian tentang dunia, akhirat, latir, batin dan lain sebagainya.

Dua definisi ilmu di atas bisa disimpulkan jika ilmu adalah kumpulkan dari beberapa pengetahuan yang telah disusun dengan metode modern secara sistematis sehingga mudah diterapkan dalam perkembangan dunia dan masyarakat modern sekarang ini. Ilmu pengetahuan sifatnya konkret dan dapat diamati, diajarkan, dipelajari, teruji keabsahannya, teratur, punya sifat khas. Sifat khusus dalam ilmu pengetahuan artinya bersifat metodologi, objek, sistematis dan berteori. Ilmu pengetahuan lahir karena masyarakat yang menghendakinya tapi tetap harus diperjuangkan oleh pakar atau ahli agar tidak salah kaprah dan secara universal atau umum bisa diakui sebagai salah satu disiplim ilmu yang berdiri sendiri. Penerapan ilmu pengetahuan juga akan dibedakan dalam tiga bagian yaitu ilmu murni, ilmu praktis dan campuran.

Sedangkan seni adalah kekuatan pribasdi seseorang secara kreatif dan ditambah dengan keahlian khusus. Seni lebih dipakai sebagai ekspresi individu. Seni juga merupakan bagian dari bakat bawaan yang dimiliki oleh Individu sejak lahir seperti pelukis yang memiliki bakat sejak lahir tapi bisa diasah melalui kajian seni yang ada di beberapa pusat pendidikan. Seni juga lebih bersifat unik dan khusus karena individu akan menuangkan perasaan mereka setiap membuat karya seni makanya selalu terdapat sisi estetik atau keindahan dalam seni itu sendiri yang sifatnya bisa abadi.

Mengenal Pengertian Ilmu Pengetahuan dan Seni

Cafeartscience – Ilmu pengetahuan yang general dan sistematis sedangkan seni lebih pribadi dan dynamis adalah bagian yang saling terikat. Tanpa seni, ilmu pengetahuan tidak akan memiliki unsur keindahan dan tidak dapat diterapkan secara efektif karena sifatnya yang general. Sedangkan seni yang tanpa belajar dari ilmu pengetahuan akan sangat sulit untuk mencakup dimensi lain yang ada dalam peradaban manusia. Membangun rumah yang indah saja tanpa ilmu pengetahuan akan membuat rumah itu cepat roboh sedangkan membuat rumah yang kokoh tanpa sentuhan keindahahan tidak akan nyaman atau membuat gembira. Keterikatan antara ilmu pengetahuan dan seni inilah yang berperan dalam perkembangan peradaban manusia ke arah yang lebih baik. Untuk melengkapinya ada teknologi yang membuat seni dan ilmu pengetahuan akan semakin maju dan mudah disebarkan ke seluruh Dunia. Konsep dasar yang berbeda tapi saling terhubung selalu jadi kajian unik tentang ilmu pengetahuan dan teknologi sampai sekarang ini apalagi ditambah dengan perkembangan teknologi.